Camat Kelubagolit Lantik Anggota BPD Desa Adobala Periode 2022 – 2028

ADOBALADESA.ID – Camat Kelubagolit, Lambertus Ulin Tokan, SE melantik Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Adobala Periode 2022 – 2028. Pelantikan Anggota BPD berlangsung, Jumad (21/01/2022) bertempat di Kantor Kepala Desa Adobala, Kecamatan Kelubagolit, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Anggota BPD Desa Adobala Periode 2022 – 2028 yang dilantik, Fortunatus Kopong Doken dari Kertewakilan Dusun I, Marianus Kia Geroda dan Laurensius Mali Serani dari Dusun II, Rofinus Suban Raya dari Dusun III dan Katarina Tulit Bala dari Unsur Perempuan.

Turut hadir Penjabat Kepala Desa Adobala, Donatus Nama Songan, Anggota BPD periode sebelumnya, Aparatur Pemerintah Kecamatan Kelubagolit, Pendamping Desa, Aparatur Pemdes Adobala, Tokoh Adat, Rohaniwan, Tokoh Masyarakat, Tenaga Pendidikan, Panitia Pemilihan Anggota BPD, serta Unsur Masyarakat lainnya.

Camat Keliubagolit, Lambertus Ulin Tokan, SE dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bahwa anggota BPD sebelum memangku jabatannnya harus bersumpah dan berjanji secara bersama-sama di hadapan masyarakat yang akan menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari masyarakat yang ditetapkan secara demokratis.

Camat Kelubagolit juga menambahkan BPD desa Adobala yang terlantik ini, harus terus bersinergi dengan pemerintah desa karena BPD merupakan mitra kerja bukan sebagai lawan pemerintah desa.

Selain itu, Camat Lambertus mengingatkan anggota BPD yang telah dilantik agar sesegera mungkin menjalankan beberapa kegiatan kepemerintahan kedepannya, seperti memfasilitasi Musdes penetapan RKPDes Tahun Anggaran 2022, Musdes Pembahasan dan Penetapan Rancangan APBDes 2022 dan kegiatan tugas kepemerintahan lainnya yang merupakan kewenangan BPD.

Camat Kelubagolit juga mendorong kerjasama yang baik Pemdes Adobala dan BPD sebagai mitra kerja agar memanfaatkan media informasi dan komunikasi yang ada untuk mepromosikan berbagai potensi lokal yang ada di desa.

“ Manfatkan Website Desa untuk menjual potensi desa. Desa Adobala sampai dengan saat ini adalah satu-satunya desa di Kecamatan Kelubagolit yang memiliki Website Resmi Desa, jadi harus manfaatkan media ini sebagai salah satu corong informasi yang dimiliki desa Adobala, “ ungkap Camat Lambertus.

Terkait program ekonomi kreatif, Camat Kelubagolit mendorong BPD dan Pemdes Adobala untuk persamakan persepsi dalam pengelolaan BUMDes yang adalah salah satu sumber PAD. Selain bermitra dengan Bank NTT dan penjualan kain tenun ikat khas daerah lamaholot, BUMDes juga harus menyediakan kain sarung wadimor, karena kain-kain tersebut adalah salah satu kebutuan adat istiadat di lewotana. Penyedian berbagai motif kain tersebut mempermudah masyarakat memperolehnya jika membutuhkan, “pungkasnya

Intinya semua program pembangunan di desa bisa berjalan efektif jika BPD dan Pemerintah Desa saling mendukung sebagai mira kerja. Karena semuanya pada gilirannya mensejahterahkan masyarakat, “harap Camat Kelubagolit menutup sambutannya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dan Pelantikan Anggota BPD dibuktikan dengan Penandatangan Berita Acara Pelantikan.

0 balasan

Tinggalkan komentar

Ingin ikut berdiskusi?
Silahkan bergabung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.