Landasan Filosofis Pembangunan Desa

Pembangunan pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kondisi atau keadaan yang lebih baik dari pada kondisi atau keadaan sebelumnya. Pelaksanaan Pembangunan menjadi kewajiban bagi pemerintah baik dari pusat, daerah hinggah kelevel desa dan harus terintergasi antar tingkatan pemerintahan. Bahwa desa adalah tingkatan pemerintahan terendah dalam system pemerintahan Negara kesatuan republic Indonesia maka pembangunan pedesaan menjadi focus pembangunan nasional.

Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan desa memberikan pedoman perencanaan yang terintegrasi dan sinergi antar ruang, waktu dan fungsi pemerintahan desa. Pemerintah desa Adobala dalam rangka melakukan perencanaan pembangunan desa telah berusaha untuk mengikuti regulasi yang berlaku sehingga tercipta perencanaan pembangunan yang baik. Perencanaan yang baik akan memberikan arah dan pedoman bagi pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. Pada sisi lain juga berkembang pengganggaran berbasisi kinerja, oleh karea itu aspek perencaan harus menyatu dengan pengganggaran untuk mendapatkan keterpaduan yang berdaya guna dan berhasil guna dari setiap program kegiatan yang dilaksanakan.

Visi

Visi Pembangunan desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi desa yang diinginkan akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai startegi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa sebagai bagian dari perencanaan strategis desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi Pembangunan Desa Adobala Tahun 2018-2023 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi kepala desa yang terpilih melalui proses pemilihan kepala desa secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Mengingat bahwa Kepala desa terpilih dalam pemililihan kepala desa tahun 2017 belum menyusun RPJMDesa , maka visi dan misi dalam RPJMDesa ini ditetapkan untuk tahun 2018 yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan didesa Adobala seperti pemerintah desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat pada umumnya. Serta pertimbangan kondisi eksternal desa seperti satuan wilayah kerja pembangunan di kecamatan dan kabupaten. Namun dimungkinkan apabila kepala desa terpilh dalam pemilihan kepala desa yang akan dating akan merubah visi dan misa yang disesuaikan dengan visi dan misi yang bersagkutan.

Visi pembangunan desa tahun 2018-2023 Ini disusun dengan mengacu/memperhatikan visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Flores Timur Tahun ….. (Perda Nomor………..) yakni “……………………..Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Adobala Tahun 2018-2023 adalah :

“ Terbangunan tata Kelola Pemerintahan Desa yang Terbuka, Berkualitas dan Bersih, Guna Mewujudkan Kehidupan Masyarakat Desa Adobala yang Aman, Adil dan Sejahtera. “

Misi

Misi Pembangunan Desa adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desa yang telah ditetapkan agar tujuan pembagunan desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desa Adobala maka misi pembangunan desa Adobala kecamatan Kelubagolit kabupaten Flores Timur tahun 2018-2023 dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa secara terbuka, dan bertanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan.
  2. Menyelenggarakan pemerintahan yang Bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk – bentuk penyelewengan lainnya.
  3. Mengoptimalkan kinerja Perangkat Desa secara maksimal, sesuai tugas pokok dan fungsi Perangkat Desa, demi tercapainya pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat.
  4. Melaksanakan koordinasi antar Mitra Kerja
  5. Meningkatkan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan yang ada di desa Adobala
  6. Melaksanakan kegiatan pembangunan didesa Adobala yang Jujur, baik dan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  7. Meningkatkan pelayanan public khususnya di bidang kesehtan dan pendidikan.
  8. Mengoptimalkan kegiatan di bidang dan seni budaya.
  9. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupa penyuluhan khusus kepada wiraswasta dan petani atau peternakan.
  10. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak sehingga menjadi desa yang maju dan mandiri.
  11. Mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan desa Adobala

DOWLOAD DOKUMEN RPJMDES ADOBALA 2018-2023